17 January 2013

Mengejar Mimpi Sebelum Semuanya Pergi

Mengejar Mimpi Sebelum Semuanya Pergi
Bagi kamu yang pernah tinggal jauh dari orangtua pasti pernah merasakan bagaimana suka duka saat di perantauan. Contohnya seperti anak kost. Nah, bicara soal pengalaman itu, pasti banyak pelajaran yang dapat diambil hikmahnya. Dan sedikit banyak berbagai pengalaman itu akan memperngaruhi jaan hidupmu saat ini.

Ada beberapa hal yang saya dapatkan dari masa tersebut, contohnya adalah belajar percaya kepada orang lain. Saat kamu sendirian di dunia yang sama sekali asing bagimu, percaya pada orang lain adalah pilihan yang masuk akal. Sebenarnya rasa percaya itu mampu menentramkan hati. Namun bisa juga kita percaya pada orang yang salah, yang akhirnya berakhir dengan ditipu.

Tapi tak jarang, kita percaya pada orang yang tepat, dimana akhirnya mampu menyadarkan sesuatu, bahwa kita tak sendirian.

Selama berada jauh dari orangtua, ada beberapa hal yang semestinya dapat dihindari. Pertama adalah rasa malas. Karena malas akan menyusahkan dirimu sendiri nantinya. Buang jauh-jauh rasa malas, apalagi menyangkut hal tugas dan kewajiban kita selama di sana.

Selain rasa malas, rasa takut juga hal yang patut dihadapi. Ibu saya begitu takut ketika saya akan pergi untuk pertama kalinya. Itu wajar pada awalnya, tentu ia berpikir kalau tempat tinggal disana kemungkinan ada resiko bahaya. Bagaimana cuacanya, serta berbagai orang di lingkungan sekitar. Apalagi kalau kamu tipe anak yang manja.

Tapi coba bayangkan, kalau saya menuruti perasaan takut saya waktu itu, saya pasti tidak akan pernah merasakan pengalaman berharga yang pernah saya alami dan menjadi pelajaran hidup yang sangat berguna saat ini.

Hal yang ketiga yang harus bisa kita pelajari adalah belajar menghadapi rasa bersalah. Kita semua sebenarnya menghadapi masalah yang sama. Namun ada perbedaan dalam menyikapinya, apakah kamu tahu bedanya? Saya belajar berani menghadapi masalah, sedang yang lain ada yang memilih lari.

Percayalah, kamu tidak akan bisa konsentrasi dalam melakukan sesuatu, karena rasa bersalah itu akan menghantui dan memburumu hingga kau menyelesaikannya. Jadi cobalah belajar untuk berani menghadapi rasa malas, rasa takut dan masalah.

Jadi percaya deh, apa yang kamu lakukan hari ini akan membawa efek di waktu yang akan datang. Selamat beraktifitas....

 
Design by Tamtam Saikokawai